Ramadhan penuh berkah

Hari raya sudah semakin dekat, banyak dari kita yang sudah mulai mempersiapkannya, mulai dari persiapan kue, pakaian, sampai persiapan buat bagi-bagi THR. Tapi apa gak sayang kalo kita hanya memikirkan hari raya padahal ramadhan masih beberapa hari lagi. Mendingan sambil jalan persiapan lebarannya, sambil jalan pula amalan ramadhannya. Di bulan yang penuh berkah ini banyak pahala yang tersebar dimana-mana, yukk ambil pahalanya sebanyak-banyaknya mumpung masih ketemu bulan ramadhan. Banyak ibadah yang bisa dilakukan untuk mendekatkan diri kepada Allah swt, yaitu:

1. Shalat

Shalat sebagai tiang agama wajib hukumnya dilaksanakan oleh orang muslim. Apalagi pada bulan ramadhan seperti ini, ada shalat sunnah yang bisa dilakukan guna menambah pundi-pundi pahala kita, yaitu shalat sunnah tarawih.

2. Sedekah

Selain membantu meringankan penderitaan sodara-sodara kita yang kurang mampu, sedekah juga berguna untuk kita salah satunya menghapus dosa. Ini berdasarkan hadits Rasulullah SAW, beliau bersabda,

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.”  (HR. Tirmidzi).

3. Menjaga lisan dari ghibah (menggunjing), berdusta

Nabi Shalallahu Alaihi Wasallam bersabda,

مَنْ لَمْ يَدَعْ قَوْلَ الزُّوْرِ وَعَمِلَ بِهِ فَلَيْسَ للهِ حَاجَةً فِى أَنْ يَدَعْ طَعَامَهُ وَشَرَابَهُ

Barangsiapa yang tidak meninggalkan ucapan dusta atau melakukan kedustaan, maka Alloh tidak butuh akan (puasanya yang) meninggalkan makan dan minum.”   (HR Bukhari)

Dan sabda beliau,

 كَمْ مِنْ صَائِمٍ لَيْسَ لَهُ مِنْ صِيَمِهِ إِلاَّ الظَّمَأ

Betapa banyak orang yang berpuasa, namun dia tidaklah mendapatkan dari puasanya melainkan hanya dahaga.” [Shahih, HR ad-Darimi].

 

Itu merupakan sedikit dari hal-hal positif yang bisa kita lakukan selama bulan ramadhan, diharapkan setelah bulan ramadhan usai kita bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi, amin..  Ayo kita manfaatin bulan ramadhan ini dengan sebaik-baiknya, semoga kita termasuk golongan orang-orang yang beruntung.

 

reff: http://www.mukminun.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s