Operator Sedot Pulsa

Pulsa berkurang tanpa sepengetahuan, mungkin anda yang pernah mengalaminya. Hal ini yang menjadi perbincangan beberapa pekan lalu. Berawal dari adanya pelapor yang melaporkan penyedotan pulsa oleh provider melalui salah satu operator. Dan kasus ini pun menjadi hangat dan menjadi bahan perbincangan banyak pihak.

Bisnis yang terjalin antara operator dengan content provider (CP) kerap merugikan konsumen. Pasalnya kerap kali content provider mengirimkan sms yang berdampak dengan penyedotan pulsa.

Pulsa yang dikeluarkan pun tak tanggung-tanggung antara 500 hingga 10.000 rupiah untuk satu kali sms. Content yang ditawarkannya pun beragam dari ringtone, wallpaper, games, hingga kuis yang katanya berhadiah. Awalnya sms dikirimkan ke konsumen dengan iming-iming gratis di awal, tetapi setelah kita membalas sms tersebut pulsa pun telah tersedot. Jadi apanya yang gartis ya ?,,

Jenis-Jenis SMS Premium yang diberikan oleh CP secara umum dikelompokan menjadi dua yaitu:

1. SMS Pull atau layanan SMS berlangganan berbasis request. Konten hanya dikirim ketika diminta pelanggan
2. SMS Push atau layanan SMS berlangganan yang harus dilakukan dengan cara mendaftar terlebih dahulu. Konten dikirim setelah   pelanggan mendaftar. Pulsa konsumen berkurang secara otomatis sesuai tarif yang berlaku.

Biasanya regristrasi yang dilakukan dengan mengetik ”REG” dan itu dapat dilakukan dengan mudah, tetapi pada saat melakukan ”UNREG”, itu sangat sulit dan harus dilakukan berkali-kali, bahkan hingga harus menghubungi operator untuk menghentikan content tersebut dikarenakan selalu gagalnya sms unreg yang dikirimkan.

Seharusnya bisnis yang dilakukan oleh CP tetap pada koridornya, tidak merugikan pengguna. Lalu siapa yang akan disalahkan dalam kasus ini ??, sudah semestinya pemerintah ikut turun tangan menangani masalah ini. Sehingga tidak ada lagi pihak yang dirugikan. Serta kehati-hatian para pengguna merupakan hal yang paling utama dalam langkah mengurangi masalah ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s