dampak perkembangan teknologi komunikasi

Semakin hari perkembangan teknologi semakin maju, khususnya dalam teknologi komunikasi. Kemajuan ini semakin memudahkan masyarakat dalam menjalin komunikasi antar satu sama lain tanpa dibatasi jarak dan waktu. Misalnya saja penggunaan handphone atau yang biasa kita sebut HP, yang awalnya hanya bisa untuk telephon dan sms saja kini handphone bisa digunakan untuk foto, mendengarkan MP3 player, merekan video, bahkan untuk internetan.

Yang kita sadari hanya dampak positif dari handphone yang dapat memanjakan penggunanya, tetapi pada dasarnya teknologi komunikasi ini memiliki dampak negatif yang dapat merugikan misalnya saja :

1. Radiasi

Sejumlah penelitian yang dilakuan menunjukkan radiasi telepon genggam berakibat buruk terhadap tubuh manusia. Misalnya meningkatkan risiko terkena tumor telinga dan kanker otak, berpengaruh buruk pada jaringan otak, merusak dan mengurangi jumlah sperma hingga 30%, mengakibatkan meningioma, neurinoma akustik, acoustic melanoma, dan kanker kelenjar ludah.

2. Gangguan Reproduksi

Seperti sebuah mitos, tetapi ada sedikit data yang menyebutkan bahwa handphone dapat memberikan efek pada kesuburan pria. Faktanya, sebuah penelitian yang dipublikasikan jurnal medis, Fertility & Serility, menguji penggunaan handphone oleh 361 pria pada sebuah klinik kesuburan. Hasilnya menunjukkan bahwa semakin sering seorang pria menggunakan handphone-nya, semakin rendah jumlah, kualitas dan ketahanan sperma mereka.

3. Tumor Mulut

Studi menyebutkan bidang elektromagnetik yang dipancarkan ponsel secara kontinyu akan membuat sel tubuh bereaksi berlebihan. Namun tingkat radiasi ponsel yang digunakan selama ini masih dinilai terlalu kecil efeknya pada kesehatan bahkan untuk mengacaukan atau merusak struktur DNA.Parailmuwan masih terus melanjutkan misteri efek ponsel pada kesehatan ini.

Namun dampak negatif yang ditimbulkan teknologi handphone terhadap kesehatan dapat kita hindarkan dengan menggunakan handsfree agar radiasi yang di pancarkan oleh handphone tidak langsung memancar ke otak.
4. Sosial

fasilitas internet yang ada pada handphone dapat mengurangi sifat sosial karena cenderung lebih suka berhubungan lewat media tersebut dari pada harus bertemu secara langsung. Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.

Dengan teknologi komunikasi yang semakin maju disarankan masyarakat dapat memilih sesuai dengan kebutuhan sehingga dapat meminimalisir dampak negatif yang ada pada alat komunikasi tersebut.

Refrensi :

http://pertekkom.blogdetik.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s