Sistem operasi berbasis Macintosh

Mac OS adalah singkatan dari Macintosh Operating System. Mac OS adalah sistem operasi komputer yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM. Diperkenalkan pada tahun 1984, Mac OS sejak tahun 2006 telah memiliki kompatibilitas dengan arsitektur PowerPC maupun x86.

Apple yang sebelumnya bernama Apple (Computer, Inc.) adalah sebuah perusahaan Silicon Valley berbasis di Cupertino, California, yang bergerak dalam bidang teknologi komputer. Macintosh Operating System merupakan OS yang pertama mengunakan sistem GUI (Graphical User Interface). Sejarah dan perkembangan Mac OS Apple pertama didirikan pada tanggal 1 april tahun 1976 oleh Steve Jobs, Steve Wozniak, dan salah seorang Insyiur Atari yang bernama Ronald Wayne.


Sistem Mac OS dibagi menjadi dua jenis:

Mac OS Klasik

Mac OS “Klasik”, sistem yang mula-mula dikeluarkan untuk Mac yang pertama pada tahun 1984 hingga Mac OS 9. Mac OS klasik dikenali sebagai satu sistem yang tidak mempunyai baris perintah (command line),  merupakan sistem yang menggunakan antara muka pengguna grafik (IU) sepenuhnya.

Mac OS X

Adalah versi terbaru dari sistem operasi Mac OS untuk komputer Macintosh. Sistem operasi ini pertama kali dikeluarkan pada tahun 2001 dan populer di kalangan pengguna.

Karakter “X” adalah nomor Romawi yang berarti sepuluh, di mana versi ini adalah penerus dari sistem operasi yang digunakan sebelumnya seperti Mac OS 8 dan Mac OS 9. Beberapa orang membacanya sebagai huruf “X” yang terdengar seperti “eks”. Salah satu alasan mengapa mereka menafsir sedemikian karena tradisi untuk memberikan nama sistem operasi yang berbasis Unix dengan akhiran “x” (misalnya AIX, IRIX, Linux, Minix, Ultrix, Xenix).

Mac OS X adalah sistem operasi yang menggunakan kernel BSD sehingga beberapa kalangan mengatakan bahwa Mac OS X termasuk dalam keluarga Unix. Hal yang menarik dari OS ini adalah keindahan tampilannya sehingga menjadikannya panutan bagi pengembang desktop lain.

Teknologi Mac OS

QuickDraw : imaging model yang pertama memberikan pasaran pukal WYSIWYG

Finder : antaramuka untuk melayari filesystem dan melancarkan applikasi

MultiFinder : versi pertama yang menyokong menjalankan lebih dari satu perisian secara serentak
Chooser : perkakasan untuk mencapai network resources (contoh: mengaktifkan AppleTalk)
ColorSync : teknologi untuk memastikan pemadanan warna yang sesuai

Pengurusan ingatan OS Mac :  bagaimana Mac menguruskan RAM dan ingatan maya sebelum bertukar kepada UNIX

Pengemulasian Motorola 68000 oleh PowerPC : bagaimana Mac menangani transisi arkitektural daripada CISC kepada RISC (lihat emulator Mac 68K)

Desk Accessories : perisian kecil “helper” yang boleh dijalankan seiring dengan sebarang perisian lain, sebelum munculnya MultiFinder atau System 7.

PlainTalk : teknologi sintesis pertuturan and pengecaman pertuturan

Mac-Roman : set aksara

Kelebihan yg di miliki oleh Mac OS :

1).Mac OS Tidak mudah terkena virus.

Dirancang dengan security oriented, Mac OS tidak diganggu oleh serangan konstan dari PC virus dan malware. Namun tidak juga akan memperlambat Anda dengan peringatan keamanan konstan dan interupsi lainnya.

2).High Performance.

Khususnya pada Mac OS X – dengan prosesor Intel terbaru dan inovasi terbaik lainnya, Mac dapat melakukan semua hal yang hanya dapat dilakukan Mac – dengan kecepatan yang menakjubkan.

3).User-friendly

Dengan tampilan GUI yang sangat menarik, menjadikan Mac OS sebagai salah satu OS yang banyak diminati khususnya oleh para graphic designer dan bagi mereka yang baru mempelajari komputer.

Kekurangan yg di miliki oleh Mac OS :

1. Mac tidak bisa dirakit sendiri karena Apple sudah tidak memberi license untuk perusahaan lain untuk membuat hardware yang bisa menggunakan Mac OS

2. Software di Mac OS tidak begitu lengkap

Pengaruh dominansi Microsoft Windows selama bertahun-tahun membuat user sudah sangat terbiasa dan enggan beradaptasi dengan OS terbaru. Dasar pemikiran yang sama juga menjadi alasan melimpahnya aplikasi terbaru dengan system requirement Windows.

3. Biayanya Mahal

4. Hanya berguna untuk graphic designer

5. Tidak dapat digunakan dalam waktu bersamaan

6. Softwarenya tidak lengkap dan tidak cocok bermain game karena tampilannya kurang bagus

jadi,Mac OS tidak saja mempunyai kelebihan. Tetapi Mac OS juga mempunyai banyak kekurangan yang harus di perhatikan oleh penggunanya.

Sumber :

http://www.scribd.com/doc/11634193/Sistem-Operasi-kOMPUTER

http://www.beritanet.com/Technology/45.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Mac_OS_X

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6979217

One thought on “Sistem operasi berbasis Macintosh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s